Kalau sebelumnya kita sudah bahas tentang Block Mental ( Limiting Beleave ) , kali ini saatnya kita mempelajari bagaimana caranya menghilangakn atau menguranginya.

Oleh karena Block Mental itu kita sendiri yang membentuk, maka hanya kitalah yang dapat menghilangkan atau menguranginya.
Ada beberapa cara menghilangkan atau mengurangi Block Mental pada diri kita yang telah membuat kita tidak berdaya menghadapi kehidupan di dunia ini, walaupun awalnya datang dari lingkungan kita apakah itu Orang tua, Guru, Teman sekolah, teman bermain, dll., namun karena hal itu terus berulang-ulang, kemudian kita maknai, maka jadilah ia Block mental. Awalnya Block Menatl itu hanya judul-judul saja, karena dimaknai, maka jadilah ia pagar-pagar yang mempersempit gerak kehidupan kita. Misalkan Saja Blok Mental tentang GENGSI, Ini biasa dikondisikan oleh Orang tua dan Teman-teman bermain di lingkungan tempat tinggal. Awalanya Orang tua ataupun Teman hanya memberi judul, seeperti ” Kalau tidak memakai pakaian bermerek/luar Negeri Gengsi donk anak Mama ” atau ” Kalau pada saat pesta tidak minum Bir, Gengsi lah …
ini hanya judul saja, namun bila terus menerus, jadilah ia Block Mental karena dimaknai.
Ada beberapa cara menghilangkannya, yaitu :
1. Menyadari bahwa hal-hal itu tidak baik/tidak bermanfaat bahkan dapat merusak tatanan kehidupan kita.
Tentang hal ini, ada seseorang memiliki kebiasaan menyendiri dan tidak suka dengan keramaian termasuk mengantar Istri berbelanja ke Mall pun dia tidak mau karena dia tidak suka keramaian. Sehingga suatu saat yang bersangkutan menceritakan kebiasaannya itu kepada penulis dan secara spontan Penulis katakan itu penyakit dan Anda harus ditherapy. Betapa terkejutnya ia, karena yang selama ini dimaknai sebagai hal yang biasa saja bahkan dia katakan itulah Saya. Namun ketika dia mencoba merenungkan kata-kata Penulis bahwa dia sakit ( memiliki Block Mental tidak suka keramaian ), maka mulailah dia menyadari bahwa sikapnya yang selama ini diyakini sebuah kebenaran ternyata telah mengorbankan perasaan sang Istri bahkan dirinya sendiri. Maka seketika itu juga ia mulai merubah keyakinannya tersebut dengan niat yang kuat untuk merubah kebiasaannya itu. Dengan demikian paling tidak sebagiaan dari Block Mental yang selama ini dia yakini mulai terkikis yang dampaknya kebaikan untuk dirinya dan Istrinya.
2. Mengoptimalkan Potensi Pikiran Bawah Sadar
Sebagaimana diketahui bahwa Block Mental tersimpan sebagai Folder di dalam Pikiran Bawah sadar seseorang. Maka untuk menghilangkannya, kita perlu memahami karakteristik Pikiran Bawah Sadar kita. Ciri yang paling menonjol Pikiran Bawah Sadar adalah IMAGINASI. nah dengan mengimajinasikan  sesuatu yang dapat menghilangkan Block Mental kita dan dilakukan secara berulang-ulang, maka Block Mental-block mental tersebut perlahan-lahan tapi pasti Block mental tersebut akan hilang. Misalkan Anda memiliki Block Mental tidak Percaya Diri karena Pendidikan anda rendah. Untuk menghilangkannya, cukup anda menyadari bahwa hal itu tidak baik buat anda, kemudian Anda bisa membayangkan bahwa dimana suatu saat Anda sangat Percaya Diri pada Moment yang lain. Dengan mengambil Percaya dirinya sebagai sumber anda, anda dapat gunakan untuk kepercayaan diri yang berhubungan dengan pendidikan, hal ini bisa anda lakukan dengan teknik NLP Circle of Excellence.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *