Msi Ship Maintenance Adalah Bidang usaha baru dari MSI Training Consultant, yang bergerak dalam bidang Jasa Maintenance Kapal Laut yang meliputi Kelistrikan Kapal, Over Houl Main dan Auxiliary Engine, termasuk juga Alat-alat bantu yang lainnya.

 Bersama ini kami Uraikan penawaran bidang-bidang pekerjaan Maintenance Kapal Laut yang dapat kami lakukan, yaitu :

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki luas lautan 5,9 juta Km2 yaitu 2/3 luas wilayah Indonesia yang merupakan daerah perairan dan laut yang Indonesia identik dengan negara maritim. Dipandang dari segi ilmu pelayaran negara indonesia letaknya sangat strategis dan sebagai negara maritim yang berwawasan nusantara pengaruh laut sangat besar pada perikehidupan manusia indonesia. Dengan transportasi laut yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan perekonomian negara saat ini adalah kapal laut n kondisi tersebut tentu dibutuhkan modal yang sanggup mempererat wilayah kesatuan dan persatuan Indonesia dan sekaligus sebagai langkah memantapkan wawasan nusantara salah satunya adalah kapal laut. Sarana / modaltra.
PENDAHULUAN Divisi operasi dan Divisi armada merupakan bagian yang memegang peranan penting dalam melakukan tindakan perawatan dan perbaikan terhadap kapal-kapal suatu Perusahaan Pelayaran yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operasi perusahaan tersebut.
Sistem perawatan yang terencana termasuk perbaikan mesin-mesin kapal adalah suatu pedoman utama pelaksanaan perawatan dan perbaikan kapal, baik yang dilakukan oleh Anak Buah Kapal maupun Perusahaan Kontraktor yang ditunjuk oleh Devisi Teknik untuk memperbaiki kapal. .

Melalui sistem perawatan yang terencana pula dilakukan pengawasan terhadap mesin-,instalasi kelistrikan,navigasi,pesawat bantu lainnya maupun mesin generator/genset. Sudah tentu masalah besarnya biaya yang dikeluarkan dalam perbaikan perawatan kapal tidak akan berpengaruh terhadap laba operasional kapal itu sendiri, karena Anak Buah Kapal tidak akan bisa bekerja tanpa dukungan peralatan-peralatan yang diperlukan.
Untuk itu  KAMI mengajukan penawaran bila mana ada salah satu armada kapal perusahaan pelayaran mengalami kerusakan armadanya. Kami sebagai perusahaan kontraktor yang mempunyai tenaga handal dan tentunya yang sudah berpengalaman di bidang mesin kapal yang mempunyai latar belakang engineer dan man power berpengalaman di bidang perkapalan dan dapat mengerjakan atau memperbaiki segala hal kerusakan yang ada di atas kapal.

Hormat Kami
PT. MSI

Penawaran I
Suatu aktifitas dan perbaikan mesin yang perlu dilaksanakan terhadap seluruh obyek baik teknis, meliputi seluruh material atau benda yang bergerak atau tidak bergerak sehingga material tersebut dapat dipakai dan berfungsi dengan baik serta selalu memenuhi persyaratan Standar Internasional dan non teknis. Meliputi manajemen dan sumber daya manusia agar dapat berfungsi dengan baik.
Berikut  KAMI menawarkan beberapa item untuk dapat dilakukan perbaikan yang ada di atas kapal antara lain :

Over hould Mesin induk

sebagai contoh gambar di atas adalah Rangkaian mesin Diesel percylinder yang dapat di kerjakan secara keseluruhan yang sesuai kebutuhan atau kerusakan mesin induk.

Penawaran 2
Over hould Auxiliary Engine

Pekerjaan ini meliputi Over hould,Turbo charge,magger test alternator,service timing bosh pump Main Genset

Penawaran 3
Maintanance system navigasi.

GPS Salah satu perlengkapan modern untuk navigasi adalah Global Positioning Satelite/GPS adalah perangkat yang dapat mengetahui posisi koordinat bumi secara tepat yang dapat secara langsung menerima sinyal dari satelit. Perangkat GPS modern menggunakan peta sehingga merupakan perangkat modern dalam navigasi di darat, kapal di laut, sungai dan danau serta pesawat udara.
Radar sangat bermanfaat dalam navigasi Kapal laut dan kapal terbang modern sekarang dilengkapi dengan radar untuk mendeteksi kapal/pesawat lain, cuaca/ awan yang dihadapi di depan sehingga bisa menghindar dari bahaya yang ada di depan pesawat/kapal.
Radar (dalam bahasa Inggris merupakan singkatan dari radio detection and ranging,

A maritime radar with Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) kemampuan dapat membuat trek menggunakan kontak radar .Sistem ini dapat menghitung kursus objek dilacak ,kecepatan dan titik terdekat pendekatan ( CPA ) , sehingga tahu jika ada bahaya tabrakan dengan kapal atau daratan lainnya.

Sonar (Singkatan dari bahasa Inggris: sound navigation and ranging), merupakan istilah Amerika yang pertama kali digunakan semasa Perang Dunia, yang berarti penjarakan dan navigasi suara, adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi kendaraan air lainnya. Sementara itu, Inggris punya sebutan lain untuk sonar, yakni ASDIC (Anti-Submarine Detection Investigation Committee. Sonar merupakan sistem yang menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi dan menetapkan lokasi obyek di bawah laut atau untuk mengukur jarak bawah laut. Sejauh ini sonar telah luas digunakan untuk mendeteksi kapal selam dan ranjau, mendeteksi kedalaman, penangkapan ikan komersial, keselamatan penyelaman, dan komunikasi di laut.

EPIRB cara kerja melalui Cospas-Sarsat merupakan sistem search and Rescue (SAR) berbasis satelit internasional yang pertama kali digagas oleh empat negara yaitu Perancis, Kanada, Amerika Serikat dan Rusia (dahulu Uni Soviet) pada tahun 1979. Misi program Cospas-Sarsat adalah untuk memberikan bantuan pelaksanaan SAR dengan menyediakan distress alert dan data lokasi secara akurat, terukur serta dapat dipercaya kepada seluruh komonitas internasional. Tujuannya agar dikuranginya sebanyak mungkin keterlambatan dalam melokasi suatu distress alert sehingga operasi akan berdampak besar dalam peningkatan probabilitas keselamatan korban. Keempat negara tersebut mengembangkan suatu sistem satelit yang mampu mendeteksi beacon pada frekuensi 121,5/243 MHz dan 406 MHz.

Navtex ,adalah sistem otomatis internasional untuk langsung mendistribusikan peringatan maritim navigasi, ramalan cuaca dan peringatan, pencarian dan penyelamatan pemberitahuan dan informasi yang serupa dengan kapal.

Radio GMDSS Digital Selective Calling (DSC) pada MF, HF dan VHF radio maritim sebagai bagian dari sistem GMDSS.DSC terutama ditujukan untuk memulai kapal-ke-kapal, kapal-ke-pantai dan pantai-ke-kapal telepon radio dan MF / HF radio telex panggilan.Panggilan DSC juga dapat dibuat untuk stasiun individu, kelompok stasiun, atau “semua stasiun” dalam jangkauan seseorang.Setiap kapal DSC-dilengkapi, stasiun pantai dan kelompok ditugaskan unik 9-digit Maritime Mobile Service Identity.

Marine VHF radio diinstal pada semua kapal besar dan kapal kecil yang paling bermotor . Hal ini digunakan untuk berbagai tujuan ,termasuk memanggil tim penyelamat dan berkomunikasi dengan pelabuhan , kunci , jembatan dan marina , dan beroperasi di rentang frekuensi VHF , antara 156-174 MHz . Meskipun banyak digunakan untuk menghindari tabrakan.

Inmarsat-C is a two-way, layanan paket data yang dioperasikan oleh perusahaan telekomunikasi Inmarsat. Layanan ini telah disetujui untuk digunakan di bawah Distress Global Maritim dan Keselamatan System (GMDSS), memenuhi persyaratan untuk Keamanan Kapal Sistem Alert (SSAS) yang di definisikan oleh Marine Organization (IMO) dan layanan yang) paling banyak digunakan dalam Sistem Pemantauan Kapal nelayan (VMS).

The Automatic Identification System (AIS) adalah jarak pendeksi stempe lacakan pesisir digunakan pada kapal dan dengan Lalu Lintas Kapal Jasa (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh elektronik pertukaran data dengan kapal lain di dekatnya dan stasiun VTS . Informasi seperti identifikasi yang unik ,posisi , arah dan kecepatan dapat ditampilkan pada layar atau ECDIS . AIS dimaksudkan untuk membantu petugas watchstanding kapal dan memungkinkan pihak berwenang maritim untuk melacak dan memantau pergerakan kapal , dan mengintegrasikan VHF sistem transceiver standar seperti penerima LORAN – C atau Global Positioning System , dengan sensor navigasi elektronik lainnya , seperti gyrocompass atau tingkat indikator gilirannya.

Echo sounder adalah teknik menggunakan pulsa suara diarahkan dari permukaan atau dari kapal selam secara vertikal kebawah untuk mengukur jarak kebawah melalui gelombang suara . Echo terdengar juga dapat merujuk kepada hydroacoustic “echo sounder “di definisikan sebagai suara aktif dalam air ( sonar ) , Jarak diukur dengan mengalikan setengah waktu dari pulsa keluar sinyal untuk kembalinya dengan kecepatan suara di dalam air , yang kira-kira 1,5 kilometer per detik .

Penawaran ke 4
Maintanance Pesawat bantu

Pesawat Bantu adalah Seluruh pesawat yang ada diatas kapal baik yang berada diatas kapal deck maupun di dalam kamar mesin – mesin kecuali mesin induk yang fungsinya memperlancar pengoperasian mesin induk dan operasi kapal secara berkesinambungan dengan aman dan selamat.
Adapun bagian dari pesawat bantu adalah :
Compressor

Service cargo pump oil

Air Conditioner (AC CENTRAL)

OIL WATER SEPARATOR ( OWS )
Sytem kerja pasawat bantu ini adalah untuk memisahkan antara minyak dan air bila mana air dan minyak terkontaminasi.

Wings Jangkar Purifier Lub Oil dan Purifier MDO

Penawaran 5
System intalasi listrik,Travo,panel pompa,control room dll
Panel pompa-pompa

Instalasi Listrik/control room

Sedikit kami tambahkan bahwa  KAMI siap melayani pekerjaan general doking meliputi
Raplating, pipeing, smblasting dan pengecatan dll.

Demikian konsep penawaran maintanence dari PT.Geo Lintas Utama Bila perusahaan bapak mempercayakan perusahaan kami untuk menangani jasa maintenance, kami siap dengan tim kami untuk menyelesaikan problem armada bapak dimana pun berada di seluruh Indonesia.
Mengenai biaya maintenance dan biaya lainnya akan kami tampilkan bila mana perusahaan bapak sudah ada penunjukan atau surat perintah ke  KAMI secara langsung.

 

Demikian halnya dengan Maintenance Gedung, kami melayani Pemeliharaan Gedung, khususnya Pemeliharaan Instalasi Listrik dan AC ( Split maupun Central ).

Pemeliharaan dapat dilakukan dengan cara Kontrak dalam perioda waktu tertentu maupun secara Insidental.

Kami dibantu oleh tenaga-tenag ahli dibidangnya